0

Teknisi Cyberindo - Warnet dan game center di Indonesia kian menjamur, hampir di setiap tempat ditemukan warnet. Di Kota, desa, gang, dan bahkan pesisir pantai juga ada warnet Harga jual tarif warnet yang ditawarkan pun semakin berlomba untuk lebih murah demi mendapatkan pelanggan.

Namun, warnet dan game center tanpa maintenance atau perawatan yang baik tidak akan dapat mendapatkan simpati pelanggan. Ini akan berpengaruh terhadap omset warnet itu sendiri. Membuka usaha warnet bukan hal yang mudah, walaupun jika kita melihat mereka, pengusaha warnet yang sudah sukses, sepertinya mudah dalam menjalankan bisnis ini.

Tips-Merawat-Komputer-Warnet-Game-Center
*) Klik untuk memperbesar gambar.

Agar usaha warnet yang kita jalankan dapat berjalan dan bertahan dalam waktu yang panjang, dibutuhkan sedikitnya kemampuan untuk maintenance atau perawatan komputer. Sehingga kita melakukan maintenance atau perawatan serta memperbaiki kerusakan kecil tanpa harus memanggil dan menunggu datangnya teknisi.

Disini, Teknisi Cyberindo akan berbagi sedikit tips maintenance atau perawatan komputer warnet dan game center.
  1. Menjaga kebersihan ruangan, komputer, dan fasilitas pendukung
    Kebesihan layar monitor, keyboard, mouse, headset, meja, bangku, Air Conditioner (AC) / kipas angin, toilet / WC, dan semua fasilitas warnet akan menimbulkan kesan yang baik bagi pelanggan warnet. Ruangan warnet atau game center yang bersih cenderung sangat diminati oleh pelanggan. Mereka akan merasa nyaman dan akan tertarik untuk kembali lagi.
    Debu dan kotoran yang masuk ke dalam casing komputer akan mengakibatkan motherboard kotor sehingga terjadi arus singkat (short) yang mengganggu kinerja dari komputer tersebut. Bisa saja komputer akan bluescreen, restart sendiri, atau bahkan mati total.
  2. Secara rutin dan berkala lakukan Defrag, Scan, dan Repair Hardisk
    Defrag hardisk secara berkala dalam waktu sedikitnya satu kali dalam sebulan akan membuat proses kerja hardisk lebih baik dan pembacaan berkas di dalam hardisk akan lebih cepat, sebab berkas yang disimpan akan diurutkan dan ditata lebih rapi dalam proses defrag tersebut.
    Selain itu, scan dan repair hardisk membantu agar hardisk bisa lebih lama dipakai.
  3. Perhatikan sirkulasi udara ruangan dan komputer
    Ruangan yang panas akan membuat pelanggan ingin segera meninggalkan warnet dan game center. Mereka enggan untuk balik lagi ke warnet yang 'sumuk'.
    Bukan hanya itu, perangkat komputer yang kita miliki pun tidak dapat bertahan lebih lama. Sebab panas yang berlebihan akan cepat merusak komponen elektronik yang terdapat pada motherboard komputer.
  4. Listrik yang stabil
    Alangkah lebih baik jika kita memakai stabilizer listrik di dalam instalasi listrik di warnet atau game center, guna antisipasi tegangan listrik yang kurang stabil atau naik-turun. Penambahan Uninterruptible Power Supply (UPS) sangat direkomendasikan untuk membantu agar komputer tidak mati secara tiba-tiba ketika listrik padam. Ini akan melindungi hardware seperti harddisk, RAM dan VGA, serta komponen elektronik yang ada pada komputer dari kerusakan yang diakibatkan listrik.
  5. Bersihkan File Temporary dan file-file sampah lainnya
    Performa read-write harddisk akan menurun jika terlalu banyak file sampah dan file temporary yang menumpuk dan menyita ruang harddisk. Membersihkan file sampah dan file temporary secara rutin sangat membantu read-write harddisk agar performanya selalu terjaga.
  6. Buang Aplikasi dan Game yang tidak diperlukan
    Aplikasi dan game yang terlalu banyak bukan satu-satunya cara agar warnet dan game center selalu ramai. Kebutuhan dan keinginan pelanggan di masing-masing warnet pasti berbeda, lebih baik meng-install aplikasi yang diperlukan dan game yang sering dimainkan saja. Namun, jika kita ingin aplikasi dan game lebih banyak bisa menggunakan sistem virtual Cyberindo sebagai solusinya.
  7. Pasang Antivirus dan lakukan update secara rutin
    Menggunakan Antivirus pada komputer warnet dan game center sangat direkomendasikan mengingat semakin banyaknya varian-varian virus baru. Virus sangat mengganggu proses kerja sistem operasi komputer dan membuat pelanggan merasa tidak nyaman menggunakan komputer yang terinfeksi virus. Secara rutin mengupdate Antivirus akan meningkatkan kinerja Antivirus untuk melindungi komputer dan bisa menandingi perkembangan virus-virus baru yang semakin banyak jenisnya.
  8. Update Game, Browser dan Aplikasi lainnya
    Game, browser dan aplikasi yang selalu update pasti sangat memuaskan pelanggan warnet dan game center. Dengan tidak ragu lagi mereka akan kembali karena game, browser dan aplikasi di warnet atau game center kita terupdate. Untuk memudahkan kita dalam melakukan update game dan browser dan tidak perlu dilakukan update satu persatu komputer, Teknisi Cyberindo merekomendasikan untuk menggunakan Cyberindo Updater. Untuk meng-update game dan browser tidak perlu buka-tutup Deep Freeze, Shadow Defender, dan sejenisnya. Lebih hemat bandwidth internet karena hanya komputer server yang mengunduh (download) patch dan komputer klien mengambilnya dari komputer server tanpa download ulang dari internet.

Berikan tanggapan Anda Komentar

 
Top