0

Teknisi Cyberindo - Mungkin pemilik atau pengelola warnet yang merangkap menjadi teknisi warnet sudah sering melakukan instalasi sistem operasi ke komputer warnet milik sendiri ataupun warnet orang lain. Tapi tahukah apa perbedaan dari sistem operasi 32 bit (x86) dengan sistem operasi 64 bit (x64)?

perbedaan-x86-x64
Pilih 32 bit (x86) atau 64 bit (x64)?

Sebagai teknisi, pemilik atau pengelola warnet sebaiknya kita tahu perbedaan antara kedua serta keunggulan dan kelemahan masing-masing sistem operasi 32 bit (x86) dan 64 bit (x64). Perbedaan yang paling mendasar dari sistem operasi 32 Bit dan 64 Bit mengacu pada arsitektur pada processor (CPU) dalam menangani proses.

32 bit merupakan suatu arsitektur pada processor komputer yang memiliki register dengan ukuran sebesar 32 bit (x86), sedangkan untuk 64 bit adalah suatu arsitektur pada processor yang memiliki register berukuran 64 bit (x64).

Masih bingung? Maksudnya begini...

Perbedaan dari 32 bit (x86) dan 64 bit (x64) terletak pada jumlah informasi yang dapat ditangani processor PC dalam satu waktu. Kata bit mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam biner. Komputer hanya mengenal kode biner, walaupun yang kita lihat pada layar monitor komputer adalah tulisan dan grafik yang bagus. Kode biner terdiri dari serangkaian angka yang terdiri atas 0 atau 1.

Masing-masing digit dikenal sebagai satu bit, yang artinya processor 32 bit (x86) dapat memproses 32 digit dalam satu waktu. Begitu juga sebaliknya, processor 64 bit (x64) dapat memproses dua kali lebih cepat dan lebih responsif. Sehingga sistem operasi seperti Windows dan Linux, harus dibuat khusus (x86 dan x64) agar sesuai dengan jenis processor yang digunakan.

Perlu diketahui, processor 32 bit (x86) hanya dapat bekerja maksimal dengan < 4 gigabyte memori, dan pada umumnya terbatas pada 2 GB untuk setiap program. Namun tidak dengan processor 64 bit (x64) yang dapat bekerja dengan 17 miliar gigabyte memori. Untuk saat ini beberapa program aplikasi atau game membutuhkan lebih dari 2 gigabyte memori, maka memilih sistem operasi dan processor yang tepat untuk warnet dan game online merupakan sesuatu yang sangat penting.
Jika Anda merasa judul dan isinya tidak saling berhubungan TeknisiCyberindo.com mohon maaf karena kami juga bingung mau diberi judul apa, jadi ya sudah dikasih judul Perbedaan Sistem Operasi 32 bit (x86) dan 64 bit (x64) saja.

Berikan tanggapan Anda Komentar

 
Top